WORKSHOP PEMBUATAN PLATFORM DIGITAL GUNA MENINGKATKAN JANGKAUAN PEMASARAN PRODUK TANAMAN OBAT KELUARGA DESA SINGOPADU, TULANGAN, SIDOARJO
Di era modern saat ini, perkembangan teknologi telah mengubah berbagai aspek kehidupan manusia, termasuk dalam bidang pertanian maupun peternakan. Salah satu perubahan signifikan yang dapat dilihat adalah bagaimana pemasaran hasil peternakan mengalami transformasi melalui penggunaan platform digital. Sedangkan saat ini kecenderungan pemasaran dunia telah beralih dari pemasaran konvensional (offline) menjadi serba kontemporer (online). Pemasaran online saat ini didukung dengan adanya pemasaran yang memanfaatkan teknologi yang kita kenal dengan digital marketing. Digital marketing merupakan bentuk program promosi dan pencarian peluang pasar melalui media digital secara online dengan memanfaatkan berbagai sarana, contohnya adalah jejaring sosial media. Tujuan Digital Marketing adalah untuk mempromosikan suatu merek, membangun preferensi, dan meningkatkan penjualan suatu bisnis melalui berbagai teknik Digital Marketing.
Desa Singopadu merupakan suatu desa yang termasuk ke dalam wilayah Kecamatan Tulangan, Kabupaten Sidoarjo. Desa Singopadu mempunyai potensi sebagai penghasil tanaman obat keluarga (toga). Tanaman obat keluarga tersebut sudah dijualbelikan dalam bentuk mentah maupun produk. Namun, penjualan produk olahan toga ini masih terbatas karena kurangnya wawasan Masyarakat terkait platform digital menyebabkan keterbatasan jangkauan wilayah pemasaran.
Tujuan penulisan artikel ini adalah untuk memberikan pelatihan dan praktek pembuatan platform digital di Desa Singopadu, Kecamatan Tulangan, Kabupaten Sidoarjo. Workshop pembuatan platform digital merupakan kegiatan yang sangat penting dilakukan karena dapat membantu masyarakat Desa Singopadu untuk memperluas jangkauan marketing. Peserta pelatihan diikuti oleh beberapa perwakilan dari masyarakat desa yaitu anggota Asman "Temulawak" dan PKK Desa Singopadu dengan jumlah keseluruhan peserta 13 orang. Kegiatan Workshop pembuatan platform digital ini merupakan salah satu bentuk pengabdian kepada masyarakat dengan menggunakan smartphone atau laptop sebagai media pemasaran secara online. Tahap awal yang dilakukan adalah melakukan koordinasi dengan pihak terkait berupa tokoh masyarakat dengan melakukan wawancara kepada ketua Asman “Temulawak” Desa Singopadu, yaitu Bapak Basuni. Tujuan dari koordinasi ini adalah untuk mengobservasi dan menganalisis kendala pemasaran produk di Desa Singopadu.
Kegiatan observasi dan analisis digunakan untuk mengatasi kendala keterbatasan cakupan pemasaran produk di Desa Singopadu serta untuk meningkatkan perekonomian desa setempat dengan menggunakan platform digital agar dapat memperluas jangkauan pemasaran. Saat ini, tanaman obat keluarga (Toga) hanya dipasarkan berupa bahan mentah dan belum diolah menjadi produk sehingga mengakibatkan terbatasnya nilai jual dari tanaman obat keluarga (Toga) yang dijual. Selain itu, pemasaran yang dila namun sebenarnya limbah ini dapat dimanfaatkan dengan lebih baik. Kegiatan yang telah kami lakukan, yakni ceramah dan diskusi dilakukan secara langsung melalui koordinasi dengan masyarakat secara offline sebelum pelatihan dilaksanakan. Kegiatan ini bertujuan agar masyarakat mendapatkan informasi serta pemahaman mengenai platform digital sebelum diberikan pelatihan. Hal ini juga dikarenakan hampir sebagian besar masyarakat Desa Singopadu belum memiliki akun e-commerce.
Materi yang dipaparkan dan disampaikan terkait pembuatan akun e-commerce melalui shopee dan TikTok Shop. Selain itu, juga disampaikan terkait strategi pemasaran dan packaging yang menarik. Peserta workshop juga didampingi secara langsung untuk melakukan praktik pembuatan akun e-commerce sebagai gambaran awal untuk dikembangkan lagi kedepannya.
Setelah pembuatan akun e-commerce selesai kemudian dilakukan pengisian angket oleh peserta. Berdasarkan hasil angket, kegiatan ini dinilai memiliki manfaat yang cukup besar bagi desa. Materi yang disampaikan terbilang menarik, dan pemateri berhasil memberikan umpan balik yang baik selama sesi diskusi. Selain itu, alokasi waktu yang disediakan juga dianggap cukup untuk menyampaikan semua materi yang diperlukan.
Workshop pembuatan platform digital sangatlah penting untuk dilaksanakan. Hal ini dikarenakan mayoritas masyarakat di Desa Singopadu memiliki berbagai macam tanaman toga yang berpotensi untuk dijual belikan. Dengan demikian, pelatihan ini dapat menambah pengetahuan dan keterampilan masyarakat Desa Singopadu untuk melakukan pemasaran melalui platform digital, sehingga target pasar dapat lebih luas dibandingkan sebelumnya.